Harapan Anies hingga Ridwan Kamil ke Pers: Objektif dan Independen

Ameidyo Daud Nasution
6 Agustus 2022, 06:00
pers, media, anies,.sandiaga, ahy, jokowi
Forum Pemred
Sebanyak enam tokoh politik hadir dalam ulang tahun kesepuluh Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8). Foto: Forum Pemred

Sejumlah tokoh politik memberikan dukungan mereka terhadap kerja pers. Mereka berharap media bisa menjadi rujukan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat.

Hal tersebut disampaikan para tokoh dalam perayaan ulang tahun kesepuluh Forum Pemimpin Redaksi Indonesia. Adapun para tokoh yang hadir antara lainadalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Ketua Umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Anies berharap menjaga independensi serta objektifitas. Bukan tanpa sebab, objektifitas penting lantaran bisa membangun kepercayaan masyarakat.

"Kalau kita mau membangun trust itu membutuhkan objektivitas, ini menurut saya penting sekali," kata Anies di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8).

Sedangkan Sandiaga mengatakan peran media penting bagi pemulihan sektor pariwisata. Ia juga berterima kasih atas kerja pers yang terus memberikan koreksi atas kebijakan yang menuai kontroversi.

"Seperti kenaikan tarif Borobudur, akhirnya setelah ada media pressure akhirnya bisa dilakukan penyesuaian," katanya.

Sedangkan Ridwan Kamil berharp media dapat memberikan narasi yang mempersatukan bangsa. Ia juga berharap pers tidak menyoroti hal-hal yang tak memberikan inspirasi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...