Berduka, Jokowi Kenang Ratu Elizabeth II Sosok yang Sangat Dicintai

Rizky Alika
9 September 2022, 14:45
jokowi, ratu elizabeth, inggris
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo mengumumkan harga bahan bakar minyak (BBM) terbaru di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Kerajaan Inggris mengumumkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9). Presiden Joko Widodo pun menyampaikan duka cita atas meninggalnya pemimpin monarki Inggris terlama itu.

Jokowi juga mengenang sosok Ratu Elizabeth II. "Seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," tulis Jokowi dalam akun Twitter @jokowi, Jumat (9/9).

Kepala Negara juga menyampaikan simpati terdalam dan belasungkawa kepada keluarga Kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris.

Adapun, Ratu Elizabeth II wafat di Istana Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9) waktu setempat. Ratu berusia 96 tahun itu mangkat setelah memimpin Inggris selama 70 tahun lamanya.

Dikutip dari BBC, belum ada pengumuman resmi kapan pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan. Meski demikian, Kerajaan akan membuka kesempatan masyarakat untuk memberikan penghormatan terakhir sebelum Ratu dimakamkan.

Setelah jenazah Ratu Elizabeth kembali ke London, Ratu akan disemayamkan di aula Westminster selama empat hari sebelum dimakamkan. Peti mati Ratu akan dibawa ke Aula Westminster dari Istana Buckingham dengan parade militer dan anggota Keluarga Kerajaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...