Jokowi Targetkan Produksi Blok Rokan Naik Jadi 400 Ribu Barel/Hari

Ameidyo Daud Nasution
5 Januari 2023, 21:41
jokowi, blok rokan, minyak
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/rwa.
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi tangki timbun milik Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1/2023).

Presiden Joko Widodo hari ini mengunjungi kilang Pertamina Hulu Rokan yang berada di Dumai, Riau. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku senang melihat produksi Blok Rokan bisa meningkat dari 158 ribu menjadi 166 ribu barel per hari.

Meski demikian, ia memberikan target baru kepada PT Pertamina yakni 400 ribu barel per hari. Jokowi juga berharap tambahan produksi itu bisa tercapai secepatnya.

"Memang tidak bisa langsung dua kali lipat, tapi sudah saya sampaikan (agar menaikkan produksi)," kata Jokowi di Dumai, Riau seperti disiarkan dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (5/1).

Kedatangan Jokowi ke Blok Rokan untuk pertama kalinya ini untuk memastikan Sumber Daya Manusia yang dimiliki RI mampu mengelola blok migas ini. Sebelumnya, Rokan dikelola oleh perusahaan minyak Amerika Serikat yakni Chevron.

"Memang tadi Direktur Utama (Pertamina) bilang, perlu investasi yang tidak sedikit, yang penting lifting jangan sampai turun," kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta seluruh teknologi hingga digitalisasi digunakan untuk memacu produksi. Presiden juga melihat Pertamina sudah menggunakan perangkat digital untuk memantau pengeboran sumur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...