Shopee menjadi platform e-commerce yang paling dipilih untuk siaran langsung (live streaming) di Asia Tenggara. Perusahaan berbasis di Singapura ini mengalahkan TikTok dan Instagram.
Itu berdasarkan survei perusahaan e-logistik Ninja Van terhadap lebih dari 1.186 pedagang di Asia Tenggara pada November 2022. Survei bertujuan memahami fenomena berbelanja menggunakan live streaming.
“Hasilnya, sekitar 27% responden menggunakan Shopee,” demikian dikutip dari Tech In Asia, Senin (16/1). Rinciannya sebagai berikut:
- Shopee 27%
- Facebook 25,5%
- TikTok 22,5%
- Lazada 15%
- Instagram 7%
- YouTube 3%
Satu dari tiga responden merupakan livesellers atau penjual menggunakan fitur siaran langsung. Mereka menghabiskan hingga enam jam setiap minggu untuk melakukan sesi penjualan.
Bagi pedagang di e-commerce, taktik pemasaran itu dapat mempercepat penjualan. Rata-rata penjual menggunakan dua platform untuk berjualan secara live streaming.
Namun survei tersebut tidak memerinci nilai transaksi dari berjualan secara live streaming di masing-masing platform.