Satgas Waspadai Libur Nataru Jadi Momen Krusial Lonjakan Covid-19

Dini Hariyanti
25 November 2021, 08:10
Petugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021). Pemeriksaan dan penyekatan wisatawan yang hendak berwisata ke kawasan Puncak Bogor tersebut sebagai upaya memini
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Petugas gabungan Satgas Covid-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021).

Pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat perlu berupaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Natal dan tahun baru 2022 atau nataru. Hal ini mengingat ada risiko besar setelah periode libur panjang. 

Berdasarkan hasil analisis Satgas Covid-19, tiga kali periode libur panjang pada 2020 dan 2021 menyebabkan lonjakan kasus positif. Momen libur yang dimaksud adalah Idul Fitri 2020, libur kolektif Maulid Nabi dan Natal 2020, serta libur Idul Fitri 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, momen libur panjang kerap dimanfaatkan masyarakat dengan bepergian ke luar rumah dan mengunjungi sanak saudara serta kerabat. Kegiatan ini seringkali mengurangi kedisiplinan protokol kesehatan.

“Tak heran jika kemampuan Covid-19 menyebar ke lebih banyak orang dalam waktu bersamaan dapat terjadi,” ujarnya, dikutip dari situs Covid19.go.id, beberapa waktu lalu. 

Pada kesempatan terpisah, Wiku mengatakan, pemerintah pusat sampai dengan tingkat daerah serta berbagai pihak lain akan berkolaborasi untuk mencegah terulangnya lonjakan kasus. Mengingat, saat ini kondisi kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali. 

“Bijaknya kita menghargai pencapaian dengan tetap mempertahankan perkembangan kasus yang baik ini, bukan malah sebaliknya yakni bersikap lengah dan lalai,” katanya. 

Satgas Penanganan Covid-19 melansir, ada lima strategi yang dilakukan demi mencegah lonjakan kasus positif virus corona pada libur perayaan Natal dan tahun baru 2022. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...