Impact Investing: Manfaat Sosial dan Hasil Finansial

Keberadaan impact investing menghadirkan dampak positif di bidang sosial ekonomi dan lingkungan serta mendatangkan keuntungan finansial.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
11 Agustus 2020, 18:27

Keberadaan impact investing dalam tataran global maupun di Indonesia kian berkembang. Ini adalah skema investasi yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di samping juga mendatangkan keuntungan finansial.

Skema investasi ini memiliki sasaran yang beragam di bidang sosial ekonomi dan lingkungan. Di antaranya pertanian berkelanjutan, energi terbarukan, konservasi, pendanaan mikro, dan akses pelayanan dasar seperti perumahan, kesehatan, dan pendidikan.

Agar memberikan dampak yang semakin besar bagi masyarakat, impact investing memerlukan dukungan ekosistem yang baik. Diperlukan harmonisasi berbagai elemen seperti budaya kewirausahaan, dukungan bisnis, program pendampingan, inovasi riset dan pengembangan, kebijakan, infrastruktur, dan pasar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.