Memasuki tahun politik, informasi keliru atau hoaks kembali mewabah. Sepanjang Januari 2023 saja, tim pemeriksa fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menemukan 257 konten hoaks. Temuan ini 82% lebih tinggi dibandingkan rata-rata temuan pada 2022.
Jika pada dua tahun terakhir informasi hoaks didominasi isu seputar kesehatan dan pandemi, pada awal tahun ini mayoritas merupakan isu politik. Ini menunjukkan hoaks politik mulai menjamur menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024.
Banyak hoaks yang muncul terkait dukungan salah satu bakal calon presiden (capres) hingga menyerang kandidat lainnya. Kebanyakan merupakan konten yang menyesatkan dan dimanipulasi. Biasanya sengaja dibuat untuk menipu dan menyesatkan pembaca.
Konten menyesatkan adalah konten yang berisi informasi yang tidak benar dari sebuah isu atau individu. Sedangkan konten yang dimanipulasi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.
Beberapa nama yang cukup sering muncul dalam konten-konten hoaks tersebut antara lain, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Joko Widodo. Meski tidak sesering nama-nama di atas, Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Megawati Soekarnoputri, Ahok, hingga Gibran dan Kaesang juga kerap muncul di berita hoaks.
Salah satu contoh hoaks adalah video yang beredar di Facebook yang berisi klaim narasi bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dana sebesar Rp300 triliun untuk biaya kampanye hitam Ganjar pada 2024.
Padahal judul dan isi video tidak berkaitan. Dalam video sama sekali tidak ditemukan informasi tersebut. Hoaks ini termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.
Contoh lainnya adalah beredar video Facebook yang mengklaim Anies Baswedan mengakui semua utangnya, serta mempermalukan diri dan para pendukungnya. Pengunggah menampilkan video Anies yang tengah diwawancarai dan cuplikan-cuplikan video kegiatan politik Anies.
Faktanya unggahan tersebut tidak benar dan termasuk konten yang menyesatkan.
Media Sosial Mendominasi Konten Hoaks
Informasi hoaks banyak beredar melalui media sosial. Facebook yang paling banyak mengedarkan informasi keliru, diikuti YouTube, Twitter, dan WhatsApp.
Pemanfaatan media sosial di Indonesia memang telah berkembang sangat pesat. Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang per Januari 2023 atau setara 60,4% dari jumlah penduduk di tanah air.
Banyaknya pengguna media sosial ini juga mempengaruhi kepercayaan publik dalam mendapatkan informasi. Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunjukkan, media sosial menjadi kanal teratas untuk memperoleh informasi ketimbang media televisi maupun media daring.
Editor: Aria W. Yudhistira