Misi Nadiem Menggandeng Netflix

Kerja sama dilakukan dalam bentuk pelatihan perfilman di Jakarta serta pengiriman 15 penulis skenario ke Hollywood.
Dwi Hadya Jayani
16 Januari 2020, 09:02

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan penyedia jasa film streaming Netflix untu mengembangkan industri perfilman nasional. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, kerja sama ini sekaligus diharapkan menjadikan Indonesia destinasi produk film internasional.

Kerja sama tersebut dilakukan dalam bentuk pelatihan perfilman di Jakarta serta pengiriman 15 penulis skenario ke Hollywood. Netflix mengalokasikan dana untuk pelatihan ini hingga US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar. Selain itu juga diadakan kompetisi film pendek bertemakan Pancasila. Pemenang lomba akan mendapat hadiah biaya produksi film US$ 600 ribu atau sekitar Rp 8,2 miliar.

Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang menyatakan, Indonesia memiliki potensi budaya yang sangat beragam. “Kami ingin membangun kolaborasi yang mendukung konten lokal, salah satunya Indonesia agar semakin mendunia,” ujarnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.