Awas, Ada Varian Hibrida Virus Corona!

Otoritas kesehatan Vietnam telah mendeteksi adanya varian hibrida virus corona. Varian ini merupakan kombinasi dari varian asal Inggris dan India.
Andrea Lidwina
3 Juni 2021, 10:50

Otoritas kesehatan Vietnam telah mendeteksi adanya varian hibrida virus corona. Varian ini merupakan kombinasi dari varian asal Inggris dan India.

Tingkat penularan varian ini diperkirakan lebih tinggi. Penularan terutama melalui udara, sehingga diduga menjadi penyebab lonjakan kasus di negara tersebut sejak April 2021. (Baca: Hoaks Vaksin Tak Ampuh dari Eks Ilmuwan Pfizer)

Varian Inggris diidentifikasi pada September 2020. Sementara varian India yang mengalami mutasi dari varian Inggris dideteksi pada Desember 2020.

Meski tingkat penularan lebih tinggi dari varian sebelumnya, keduanya belum terbukti menyebabkan penyakit lebih parah. (Baca: Pentingnya Vaksinasi Lengkap Covid-19)

Riset Public Health England terhadap sejumlah sampel di Inggris pun menunjukkan dua vaksin Covid-19 ampuh melawan varian Inggris dan India. Pfizer/BioNTech tercatat 93% efektif mencegah penyakit akibat varian Inggris dan 88% terhadap varian India, Kemudian, efektivitas AstraZeneca sebesar 66% terhadap varian Inggris dan 60% terhadap varian India. (Baca: Lalai Protokol Kesehatan Membawa Sengsara di India)

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.