Joe Biden: Masker Sangat Krusial Memperlambat Penyebaran Covid-19

Pidato Biden menjadi kritik terbuka kepada Presiden Trump yang dalam beberapa bulan terakhir tak menganggap serius Covid-19
Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
4 Oktober 2020, 11:51
Mike Segar Calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar/nz/cf

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden mengungkapkan, kasus terpaparnya Presiden Donad Trump oleh virus Covid-19 menjadi bukti bahwa pandemi ini harus ditanggapi dengan serius.

Biden juga mengingatkan warga Amerika Serikat bahwa memakai masker jauh lebih penting daripada menjadi seorang jagoan.

“Ini bukan soal politik. Apa yang dialami Presiden Trump menjadi pengingat untuk kita semua bahwa virus ini harus ditangani dengan serius. Karena, Covid-19 tidak akan pergi secara otomatis,” ujar Biden, seperti dilansir dari laman Voice of America, Sabtu (3/10).

Pernyataan itu dilontarkan Biden usai kampanye di negara bagian Michigan, beberapa jam setelah dinyatakan negatif dari dua kali tes. Pidato Biden tersebut juga menjadi kritik terbuka kepada Presiden Trump yang dalam beberapa bulan terakhir tidak menganggap serius virus Covid-19.

Saat digelar debat Calon Presiden Amerika Serikat, Selasa lalu, Trump sempat mengejek Biden dan juga rombongannya yang memakai masker ketika berada jauh dari orang-orang.

Biden meminta warga Amerika Serikat untuk mematuhi panduan ilmiah dalam menghadapi Covid-19, termasuk memakai masker, mencuci tangan dengan rutin dan menjaga jarak. Menurut dia, masker masih menjadi alat yang krusial dalam memperlambat penyebaran virus Covid-19.

“Jadilah seorang patriot. Ini bukan tentang menjadi seorang jagoan tetapi tentang melakukan bagian Anda dalam melawan virus ini,” kata Biden.

Sebelum menutup kampanye di Michigan, Biden bersama istrinya, Jill berdoa semoga Presiden Trump dan Melanie cepat pulih. Pemilu Amerika Serikat akan digelar pada 3 November nanti. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan Reuters menyebut, Biden unggul 5 persen atas Trump dari pemilik suara di Michigan.

Pemakaian masker dinilai sebagai solusi paling baik dalam menekan angka penularan Covid-19. Menurut Anthony Fauci, Director National institute of Allergy and Infectious Diseases, sekitar 25 hingga 50 persen orang yang terinfeksi virus corona tidak menunjukkan gejala. Oleh sebab itu, sangat penting untuk semua orang untuk memakai masker karena virus sangat bervariasi pada manusia.

Sementara itu, di Indonesia, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut bahwa beberapa jurnal internasional menyatakan mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebesar 35%. Sedangkan memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebesar 45%, dan masker bedah dapat menurunkan risiko penularan hingga 70%. Yang paling utama, menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan risiko penularan sampai dengan 85%.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait