Hadapi Pandemi Perlu Disiplin Merencanakan Keuangan

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
25 Desember 2020, 07:00
NILAI TUKAR RUPIAH DITUTUP MENGUAT
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.

Dalam perencanaan keuangan, menyusun rencana belanja dan menabung perlu dibarengi dengan komitmen untuk menerapkannya. Kedisiplinan pengelolaan uang ini semakin diperlukan manakala rumah tangga menghadapi situasi yang tidak pasti, seperti pandemi Covid-19 ini.

Konsultan Perencana Keuangan Prita Ghozie menuturkan, semakin banyak klien yang mengeluh sulit mengelola keuangan selama pandemi. “Sebetulnya tidak perlu panik, yang terpenting dan harus dilakukan adalah menyusun rencana menabung dan belanja,” katanya dalam siaran pers OVO, Rabu (23/12/2020).

Hal berikutnya yang wajib dilakukan, imbuh Prita, adalah disiplin dalam menjalankan rencana yang sudah disusun. Apabila komitmen dan disiplin ini bisa tercapai maka proteksi terhadap keuangan keluarga akan menjadi lebih baik.

Pada sisi lain, Prita bercerita bahwa semangat berbisnis di antara kalangan ibu-ibu saat ini semakin kuat menular. Dia mengakui, hal ini merupakan sesuatu yang positif bahkan bisa menjadi solusi cerdas untuk membantu menjaga kestabilan keuangan rumah tangga.

“Karena, dengan berbisnis, para ibu bisa memiliki penghasilan tambahan dari kegiatan yang disukainya, seperti memasak, atau membuat karya kerajinan. Saya sangat percaya, satu perempuan cerdas mampu melahirkan satu generasi cerdas,” ucap Prita.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...