Lapisan Proteksi untuk Hadapi Pandemi

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
9 Januari 2021, 13:00
WHO Menyebut Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Luar Inggris
ANTARA/Shutterstock

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, vaksin Covid-19 akan tersedia pada awal hingga pertengahan tahun ini. Seperti di negara lain, vaksinasi di Indonesia juga bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan virus corona.

Dampak sampingan vaksinasi tak lain guna menurunkan angka kesakitan atau kematian akibat Covid-19, serta mencapai kekebalan kelompok di masyarakat. Tak hanya itu, vaksin juga diharapkan bisa melindungi masyarakat agar bisa tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, penyuntikan vaksin perdana akan diprioritaskan kepada tiga kelompok. Pertama adalah pejabat publik di pusat dan daerah, kelompok kedua ialah pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci institusi kesehatan di daerah. Ketiga, adalah tokoh agama di daerah.

 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan secara bertahap dan merata. Masyarakat lanjut usia juga akan menjadi kelompok prioritas.

“Ketersediaan vaksin Covid-19 akan membantu proses penanganan pandemi agar lebih cepat. Kami juga mengajak masyarakat di Indonesia agar tidak ragu divaksinasi nantinya,” tutur Wiku dalam diskusi daring, Jumat (8/1/2021).

Mengutip buku saku Vaksinasi Covid-19 yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19, kontribusi vaksin terhadap penurunan angka penularan penyakit tertentu sangat besar. Beberapa vaksin berhasil menekan penyebaran penyakit menular seperti PD3I yg berpotensi menyebabkan wabah yaitu Campak, Polio, Difteri, dan Pertusis (batuk rejan), sesuai Permenkes 1501.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...