Proyek Hulu Migas Terancam Dicoret dari Kategori Strategis Nasional

Anggita Rezki Amelia
15 Februari 2018, 17:20
Rig
Katadata

Beberapa proyek hulu minyak dan gas bumi/migas terancam dicoret dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek ini akan dicoret jika hingga tahun 2019 tak kunjung melakukan konstruksi.

Direktur Program Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Rainier Haryanto mengatakan pihaknya diberi waktu dua pekan untuk mengevaluasi seluruh PSN tak terkecuali migas. Ini sesuai dengan instruksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Salah satu syarat proyek agar tidak tercoret dari daftar PSN adalah sudah mulai konstruksi atau sudah mencapai kesepatan pemenuhan pembiayaan (financial close) pada 2019 mendatang. "Itu syarat utama dari proyek strategis nasional yang ditetapkan sebelumnya," kata Rainier kepada Katadata.co.id, Rabu (14/2).

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 tahun 2017, ada lima proyek hulu migas yang masuk PSN. Pertama, Jambaran Tiung Biru di Blok Cepu, Jawa Timur. Kedua, Train 3 Tangguh di Papua Barat. Ketiga, Blok Masela di Laut Arafura. Keempat, pengembangan lapangan Gendalo, Maha, Gandang, Gehem, Bangka yang masuk ultra laut dalam (Indonesian Deepwater Development/IDD) yang dikerjakan oleh Chevron Indonesia, dan Jangkrik di Blok Muara Bakau Kalimantan Timur.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak membantah adanya evaluasi itu. Hanya, memang hingga kini belum tahu proyek mana saja yang akan dievaluasi. Yang jelas, Kementerian ESDM berupaya mempercepat proyek hulu migas yang masuk PSN. “Dikerjakan secepatnya,” ujar dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengaku masih optimis proyek hulu migas yang masuk PSN bisa terus berjalan. Namun, ia menyerahkan keputusannya ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. "Kalau dia menganggap tidak selesai ya coret saja. Kami juga harus ikuti. Ini juga peringatan buat kami supaya bisa on time," kata dia.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan lima proyek hulu migas yang masuk dalam PSN. "Kami monitor secara bulanan progress-nya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...