RI Akan Jadi Produsen Otomotif Dunia

Image title
Oleh
8 Oktober 2014, 15:31
M Lutfi KATADATA|Arief Kamaludin
M Lutfi KATADATA|Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis Indonesia akan menjadi salah satu negara produsen otomotif terbesar dunia. Hal ini dibuktikan dengan semakin besarnya nilai ekspor produk otomotif Indonesia.

Pada lima tahun lalu, sektor ini hanya menyumbang ekspor senilai US$ 500 ribu. Namun tahun ini nilainya sudah mencapai US$ 4,5 miliar, sehingga bisa masuk dalam 10 besar negara produsen otomotif terbesar dunia.

?Tiga tahun mendatang (bisa) menjadi tiga besar dunia dan produksinya lebih dari US$ 10 miliar. Ini membuktikan Indonesia sebagai negara yang banyak menjual barang setengah jadi menjadi barang jadi, bahkan menjadi negara industri,? kata Lutfi seusai pembukaan TEI 2014 di JIExpo, Jakarta, Rabu (8/10).

(Baca: Program LCGC Perbaiki Neraca Perdagangan RI)

Ekspor otomotif ini sebagai substitusi dari menurunnya produk ekspor andalan Indonesia. Selama ini Indonesia mengandalkan produk komoditas, yang harganya tengah turun dalam beberapa waktu terakhir.

?Harga batubara dalam dua bulan terakhir hilang tujuh persen. harga komoditas kelapa sawit, awal tahun US$ 970 per ton sekarang hanya US$ 720,? tuturnya. (Baca: Proyek Ambisius Mitsubishi)

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...