Menteri Basuki Keluhkan Penghapusan Deputi Bappenas

Safrezi Fitra
15 Mei 2015, 19:02
bappenas
KATADATA

KATADATA ? Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengeluhkan penghapusan Deputi Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hal ini akan menyulitkan koordinasi perencanaan pembangunan infrastruktur.

"Jelas nantinya apabila (Deputi Sarana dan Prasarana) dibubarkan, akan menyulitkan kami terutama dalam koordinasi," kata Basuki saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (15/5).

Rencana penghapusan deputi ini tertuang dalam draf Rancangan Peraturan Presiden tentang Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Draf ini ditandatangani oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi pada 30 April 2015, yang kemudian dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(Baca: ?Banyak Daerah yang Lemah dalam Perencanaan?)

Menurut Basuki, sebelumnya pihaknya hanya akan berhubungan dengan Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas, dalam koordinasi perencanaan infrastruktur. Setelah dibubarkan, nantinya Kementerian akan berkoordinasi dengan setidaknya tiga atau empat Deputi Bappenas.

"Jadi memang dari segi koordinasi akan panjang, dulu satu Kementerian hanya koordinasi dengan satu Deputi. Nanti empat Direktur Jenderal (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) koordinasi dengan empat Deputi (Bappenas)," kata Basuki.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...