Pemerintah Berniat Menimbun Minyak di Luar Negeri

Arnold Sirait
1 Maret 2016, 14:34
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA -  Pemerintah tidak ingin melewatkan momentum rendahnya harga minyak dunia dengan memborong minyak sebanyak-banyaknya. Namun, keinginan itu terkendala oleh keterbatasan tangki timbun di dalam negeri. Untuk menyiasati kondisi tersebut, pemerintah berencana menyewa tangki timbun di luar negeri.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah berencana menyewa tangki minyak milik swasta, baik di dalam maupun luar negeri. “Tangkinya kita belum  punya. Kami lagi bicara tangki di luar negeri, kalau ada yang kosong mungkin bisa dipinjam,” kata dia saat berbincang dengan wartawan, Senin (29/2).

(Baca: Ingin Borong Minyak, Pertamina Sewa Tangki Minyak Chevron

Di dalam negeri, ada beberapa tangki timbun milik kontraktor minyak dan gas bumi yang bisa disewa. Kapasitasnya mencapai 1,5 juta barel. Sayangnya, tangki tersebut terpencar di daerah-daerah terpencil dan lokasinya jauh. Jadi, memerlukan akses untuk menyewa tangki tersebut. 

Selain menyewa tangki minyak, pemerintah mendorong investor untuk membangun tangki di Indonesia. Menurut Wiratmaja, saat ini ada tangki di Karimun, Kepulauan Riau, yang akan dibangun oleh pihak swasta. Kapasitasnya sekitar 700 ribu barel. Tidak hanya swasta, PT Pertamina (Persero) selaku Badan Usaha Milik Negara juga didorong untuk membangun tangki minyak. Mengenai kebutuhan pendanaannya, sedang dibahas dengan Menteri Keuangan. “Tapi tadi Pak Menteri Keuangan memberi lampu hijau dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya. 

(Baca: Bangun Cadangan Penyangga, Pemerintah Siapkan Perpres)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...