Luhut Isyaratkan Presiden Tunjuk Menteri ESDM Sepekan ke Depan

Miftah Ardhian
7 September 2016, 12:18
Luhut
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengisyaratkan, Presiden Joko Widodo akan menunjuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang definitif alias tetap dalam sepekan ke depan. Bahkan, Luhut menyebut Presiden sudah memiliki calon yang akan mengisi posisi tersebut.

Menurut Luhut, dia tidak akan lama lagi merangkap jabatan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM. "Ya kira-kira segitulah (seminggu lagi). Capek juga gue," katanya saat menjadi pembicara kunci Forum Group Discussion ""Realisasi Visi Eksplorasi Migas Nasional" di Fakultas Hukum, Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9).

(Baca: Arcandra Berpeluang Menjabat Kembali Menteri ESDM)

Ia berharap, pekerjaannya tersebut bisa segera dijalankan oleh Menteri ESDM yang baru. Apalagi, Luhut berpandangan bahwa Presiden akan segera menunjuk Menteri ESDM definitif karena telah mengantongi nama orang yang tepat mengisi posisi tersebut. "Saya tidak bilang seminggu (bakal) diumumkan (Menteri ESDM definitif). Pikiran saya (begitu)," katanya.

Namun, Luhut buru-buru menambahkan bahwa penunjukan Menteri ESDM merupakan kewenangan Presiden. Yang jelas, dia berani memastikan bahwa jabatan tersebut akan diisi oleh kalangan profesional dan bukan dari kader salah satu partai politik pendukung pemerintah.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...