Peluang Arcandra Jabat Menteri ESDM Kembali Menguat

Safrezi Fitra
Oleh Safrezi Fitra - Anggita Rezki Amelia
3 Oktober 2016, 16:32
Arcandra ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Peluang Arcandra Tahar untuk menjabat lagi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menguat. Ia dikabarkan bersaing dengan Ardian Nengkoda, insinyur di perusahaan minyak Saudi Aramco, untuk mengisi jabatan tersebut, yang akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pekan ini.

Menguat kembalinya peluang Arcandra mencuat dari kehadirannya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (3/10) siang. Ia terlihat mendatangi tempat itu bersama ajudannya sekitar pukul 13.45 WIB. Setelah 40 menit, Arcandra meninggalkan kantor Kemenko Maritim.

Namun, tidak ada penjelasan Arcandra mengenai kehadirannya di sana, termasuk pertemuannya dengan Menko Kemaritiman sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan. Sekitar 10 menit kemudian, Luhut  juga meninggalkan kantornya.

(Baca: Presiden Sedang Godok Kandidat Baru Menteri ESDM)

Sebelumnya, Luhut terlihat mendatangi kompleks Istana Presiden, Jakarta, pukul 09.00 WIB. Saat keluar dari kompleks Istana dua jam kemudian, Luhut mengaku menemui Presiden untuk melaporkan hasil kunjungannya ke Amerika Serikat, sepanjang pekan lalu. “Terkait penggunaan teknologi untuk pengembangan energi di Amerika,” katanya kepada para wartawan.

Ia menepis pertanyaan perihal pembahasan dengan Presiden juga menyangkut mengenai pengangkatan Menteri ESDM definitif. “Kalau itu jangan tanya ke saya. Tanya yang lain boleh,” ujarnya.

Pada saat yang bersamaan Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, dan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir juga hadir di Istana. Tapi, Dwi tidak mau menjawab pertemuan itu juga membahas soal Menteri ESDM dan peluangnya memangku jabatan itu. “Siapa aja lah.”

Arcandra mengakui telah mendatangi kantor Luhut pada Senin siang ini, namun tidak sempat memberikan penjelasan. “(Saya) belum makan siang,” katanya kepada Katadata, melalui aplikasi pesan WhatsApp. Namun, dia tidak mau menjelaskan maksud pertemuan itu, termasuk informasi mengenai menguatnya kembali peluangnya menjabat Menteri ESDM.

(Baca: Agar Mandiri, Arcandra Sebut 3 Syarat Pemimpin di Bidang Energi)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...