Medco Rampungkan Akuisisi Hak Kelola South Natuna Sea Block B

Arnold Sirait
17 November 2016, 19:36
Medco Energi
m.skalanews.com
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk telah merampungkan proses akuisisi dua anak usaha ConocoPhillips (COP), yaitu ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP). Dua perusahaan itu memiliki hak kelola dan infrastruktur di blok minyak dan gas bumi (migas) PSC South Natuna Sea Block B PSC (SNSB). 

CIIL adalah operator blok tersebut dengan hak partisipasi sebesar 40 persen dan operator dari West Natuna Transportation System (WNTS). Sedangkan CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility (ORF) atau fasilitas darat untuk menerima gas blok tersebut di Singapura.

Manajemen Medco menganggap, infrastruktur WNTS beserta jaringan pipa gas Malaysia akan terus memegang peran penting bagi perusahaan. Apalagi, dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada dan aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. (Baca: Kontrak Blok East Natuna Ditargetkan Diteken Akhir Tahun Ini)

Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro menganggap transaksi ini adalah tonggak penting kedua perusahaan setelah berhasil menyelesaikan akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara.

“Dengan penambahan SNSB, MedcoEnergi tidak hanya akan mendapatkan kemampuan operasi minyak dan gas lepas pantai terintegrasi kelas dunia, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen di Indonesia,” kata dia berdasarkan siaran pers Medco, Kamis (17/11).

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...