Tiga Negara Akan Bangun Kilang Minyak di Indonesia

Miftah Ardhian
30 November 2016, 14:08
Kilang mini
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya mengajak investor dari berbagai negara membangun kilang minyak di Indonesia. Sampai saat ini, tercatat sudah ada investor tiga negara yang diajak untuk membangun fasilitas pengolahan minyak tersebut.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pihaknya telah mengevaluasi semua investor yang ingin membangun kilang minyak di dalam negeri. Dalam proses itu terpilih tiga negara yang memenuhi kualifikasi, yakni Iran, Oman dan Kuwait. “Sudah ada metodologinya siapa saja yang qualified bisa masuk,” kata dia saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa malam (29/11).

(Baca: Pemerintah Tawarkan Iran Bangun Kilang Swasta dan Bontang)

Meski demikian, Arcandra mengaku, tidak mudah bagi pemerintah merealisasikan investasi dari negara lain. Harus ada kesepakatan kedua belah pihak mengenai kerja sama tersebut. Apalagi para investor memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

Di sisi lain, PT Pertamina (Persero) yang ditugaskan menjadi partner atau penanggung jawab proyek, juga memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Sehingga, proses pengambilan keputusan untuk membangun kilang minyak di dalam negeri sering kali berlarut-larut. “Syarat dan ketentuannya harus kami cermati, supaya kedua belah pihak tidak dirugikan,” ujar Arcandra.

Grafik: Kapasitas Kilang Minyak Indonesia 2014
Kapasitas Kilang Minyak Indonesia 2014

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...