Fasilitas Produksi ConocoPhilips Beroperasi Lebih Cepat dari Target

Anggita Rezki Amelia
10 Mei 2017, 22:16
Stand pameran ConocoPhillips
Arief Kamaludin|KATADATA

Fasilitas produksi minyak dan gas bumi (migas) milik ConocoPhillips di Sumatera Selatan dapat beroperasi lebih cepat daripada target. Proyek Sumpal Compression ini awalnya ditargetkan baru beroperasi pada Juni mendatang.

Namun, Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas)  Muliawan mengatakan proyek tersebut sudah mulai beroperasi awal April lalu. "Sumpal Compression dengan KKKS ConocoPhilips  (Grissik) sudah onstream pada 4 April 2017," ujarnya kepada Katadata beberapa hari lalu.

(Baca: BPK Temukan Penyimpangan Cost Recovery ConocoPhillips dan Total)

SKK Migas mencatat, fasilitas produksi ini memiliki kapasitas 310 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Proyek Sumpal Compression merupakan salah satu dari 14 proyek migas yang ditargetkan SKK Migas bisa  beroperasi tahun ini. 

Selain Sumpal Compression, terdapat beberapa proyek migas lain yang sudah beroperasi. Pertama, Proyek Ario Damar-Sriwijaya oleh Tropik Energi Pandan. Proyek ini onstream pada 24 Januari lalu dengan kapasitas produksi untuk minyak sebesar 2.000 barel per hari (bph).

Kedua, proyek Kepodang Phase II oleh Petronas Carigali Muriah Ltd. Proyek ini merupakan modifikasi fasilitas untuk mempertahankan tingkat produksi yang sudah ada dengan kapasitas sebesar 116 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Proyek ini sudah beroperasi pada 11 Februari lalu.

Ketiga, proyek Ridho oleh Odira Energy Karang Agung dengan kapasitas produksi sebesar 2.000 bph. Fasilitas produksi ini sudah mulai beroperasi pada 19 Februari lalu. Keempat, proyek Cikarang Tegal oleh Pertamina EP. Fasilitas ini memiliki kapasitas produksi gas 14 mmscfd dan sudah beroperasi pada 26 Februari lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...