Cari Dana Rp 3 Triliun, Jasa Marga Jaminkan Tol Jagorawi

Miftah Ardhian
29 Mei 2017, 17:24
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Jasa Marga Tbk sedang menjalani proses sekuritisasi atau penjaminan aset untuk membiayai ekspansi usahanya. Salah satunya adalah menjaminkan ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) untuk memperoleh dana segar Rp 2,5 triliun hingga Rp 3 triliun. Aksi korporasi ini akan dijalankan pada Juli mendatang.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengaku masih mengkaji jangka waktu sekuritisasi dengan mempertimbangkan pendapatan perseroan Rp 700 miliar. Opsinya adalah antara tiga tahun atau lima tahun.

“Tahun kemarin (2016), pendapatan tol Jagorawi Rp 700 miliar. Kalau dikali lima tahun menjadi Rp 3,5 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Senin (29/5). Perusahaan pelat merah ini berencana membidik perolehan dana Rp 2,5 triliun-3 triliun dari rencana tersebut.

(Baca: 13 Jalan Tol Masuk Daftar Tambahan Proyek Strategis Nasional)

Desi menjelaskan, Jasa Marga menggunakan skema sekuritisasi atas pendapatan (future revenue back securities) untuk memperoleh dana segar. Skema tersebut digunakan untuk ruas tol yang sudah lama beroperasi, termasuk Tol Jagorawi.

Dana yang diperoleh perseroan nantinya akan digunakan untuk pembangunan jalan-jalan tol yang masih membutuhkan investasi lebih dari Rp 70 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...