Penyerapan Anggaran Kemensos dan Kemenhub di Bawah 20%

Martha Ruth Thertina
26 Juni 2018, 15:11
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Penyerapan anggaran kementerian dan lembaga (K/L) tercatat mambaik. Sepanjang Januari hingga Mei 2018, penyerapannya mencapai 27,3% atau lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu 24,2%. Meski begitu, penyerapan anggaran di beberapa kementerian tercatat seret.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, dari 15 K/L beranggaran paling besar, tiga di antaranya yang penyerapan anggarannya paling seret yaitu Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Khusus Kementerian Sosial dan Kementerian Perhubungan, penyerapan anggarannya di bawah 20%.

Secara rinci, Kementerian Sosial baru membelanjakan Rp 4,9 triliun atau 11,86% dari pagu tahun ini yaitu Rp 41,3 triliun. Realisasi tersebut jauh lebih lambat dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 27%. 

Sementara itu, Kementerian Perhubungan baru membelanjakan Rp 8,7 triliun atau 18,1% dari pagu tahun ini yaitu Rp 48,2 triliun. Realisasi tersebut tak jauh berbeda dibandingkan periode sama tahun lalu yaitu 18,8%.

Selanjutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat baru membelanjakan Rp 22,9 triliun atau 21,3% dari pagu tahun ini yang sebesar Rp 107,39 triliun. Meski realisasi tergolong seret, namun sudah sedikit lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu yaitu 20,2%.

(Baca juga: Keseimbangan Primer Surplus, Sri Mulyani: Bukti Utang Terkontrol)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...