Amien Rais Minta Jokowi Pecat Kapolri Tito Karnavian

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Muchamad Nafi

Rabu 10/10/2018, 18.33 WIB

Menurut Amien, masih banyak pimpinan di kepolisian yang mau mengabdi bagi bangsa dan negara. “Untuk mengganti Pak Tito Karnavian,” kata Amien.

amien rais
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Politisi Senior PAN Amien Rais (tengah) memberikan keterangan kepada awak media tentang aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan, di Jakarta, Jumat (2/6).

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo mencopot Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian. Permintaan ini dia sampaikan terkait klaimnya memiliki bukti mengenai kasus korupsi yang mengendap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya minta kepada Pak Jokowi agar Kapolri, Pak Tito Karnavian segera dicopot. Alasannya ini pelajari sendiri,” kata Amien di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10). (Baca juga: Tiga Ribu Polisi Bersiaga Selama Pemeriksaan Amien Rais )

Langkah ini dia ambil karena merasa mencintai kepolisian yang bertugas menjaga keamanan nasional. Hanya saja, jika ada oknum bersalah maka harus segera diganti. Menurut Amien, masih banyak pimpinan di lembaga itu yang jujur dan mau mengabdi bagi bangsa dan negara. “Masih banyak untuk mengganti Pak Tito Karnavian,” kata Amien.

Sebelumnya, Amien menyatakan akan membeberkan fakta yang menarik perhatian ketika diperiksa polisi hari ini. Hal itu berhubungan dengan penegakan hukum dan kasus korupsi yang sudah lama di KPK.

Hari ini, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya sejak pukul 10.15 WIB. Amien diperiksa sebagai saksi dalam kasus penyebaran kabar bohong atau hoaks yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

(Baca pula: Terseret Kebohongan Ratna, Amien Rais Ancam Beberkan Korupsi di KPK)

Sekitar 300 advokat disebut mengiringi Amien selama pemeriksaan. Begitu pula dengan Persaudaraan Alumni (PA) 212. Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan, setidaknya ada 500 anak buahnya yang bakal terlibat dalam aksi mengawal Amien.

Polisi sendiri mengerahkan 3.284 personel gabungan untuk mengamankan jalannya pemeriksaan Amien. “Pengalihan arus lalu lintas situasional di lapangan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Jakarta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha