Jokowi: Tol Suramadu Digratiskan Demi Turunkan Angka Kemiskinan

Ameidyo Daud Nasution
31 Oktober 2018, 16:25
Jembatan Suramadu, Jawa Timur
Ahmad Yunus | Katadata
Jembatan Suramadu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tarif jembatan tol Surabaya-Madura (Suramadu) dibebaskan agar perekonomian Madura terangkat dan angka kemiskinan menurun. Selama ini angka kemiskinan di Madura jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka kemiskinan di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Jokowi menyebutkan, angka kemiskinan di Madura mencapai 16-24% dari jumlah penduduk sedangkan di Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik hanya berkisar 6-7% dari jumlah penduduk. "Rasa keadilan itu yang menjadi catatan kami," kata Jokowi di JIExpo, Jakarta, Rabu (31/10).

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi pengaduan Forum Advokat Rantau ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) lantaran tindakan pemerintah menggratiskan Tol Suramadu dianggap sebagai kampanye terselubung. Ia mengatakan, keputusan untuk menggratiskan Tol Suramadu berdasarkan permintaan masyarakat Madura dan sudah melewati proses yang cukup lama.

Pada awalnya, masyarakat meminta pembebasan tarif tol untuk sepeda motor dan ini sudah dikabulkan pemerintah. Pada 2016, pemerintah memotong tarif Tol Suramadu sebesar 50% lantaran masyarakat keberatan dengan tarif tol memberatkan ongkos transportasi masyarakat. "Pada 2017 dan 2018 ada permintaan (untuk menggratiskan Tol Suramadu) karena pergerakan ekonomi Madura belum terlihat," kata Jokowi.

(Baca: Pemerintah Restui Keinginan Walikota Surabaya Kelola Suramadu)

Menggaet Investor

Tahun lalu, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berupaya untuk menggaet investor untuk mengembangkan kawasan sekitar jembatan Suramadu. Promosi pun terus dilakukan untuk memasarkan berbagai proyek investasi dengan nilai total mencapai Rp 53,1 triliun.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...