Jokowi Minta Pegawai Milenial BUMN Inovatif dan Tidak Birokratis

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2018, 12:15
Jokowi pada Hari Inovasi
Kominfo
Presiden Jokowi pada acara peresmian kawasan The Telkom Hub di Jakarta Selatan, Kamis (01/11).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar anak muda atau kaum milenial yang bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN untuk lebih adaptif dan inovatif di tengah cepatnya perkembangan teknologi digital. Alasannya, BUMN selama ini dianggap sulit berubah dan terlalu birokratis dalam menghadapi persaiangan usaha.

Permintaan tersebut disampaikan Jokowi saat berbicara di depan para pegawai muda BUMN yang menghadiri peresmian  gedung The Telkom Hub di Jakarta, Kamis (1/11) malam.

Menurut Jokowi, peta bisnis dunia sudah berubah cepat dalam 10 tahun terakhir. Jika di masa lalu perusahaan-perusahaan besar dunia didominasi oleh sektor sumber daya alam (SDA) dan keuangan, seperti Exxonmobil, Citigroup, dan GE, kini sudah digantikan oleh perusahaan teknologi, misalnya Microsoft, Apple, dan Facebook.

"Tapi hati-hati bisa berubah lagi, karena sekarang ada e-commerce seperti Amazon dan Alibaba," kata Jokowi, yang saat berbicara tersebut dikelilingi oleh kaum milenial BUMN.

Ia menambahkan, kemajuan teknologi telah mengubah total lanskap politik, ekonomi, dan sosial masyarakat. Kondisi tersebut harus disikapi secara cermat dan hati-hati untuk menggaet peluangnya. Dengan begitu, Indonesia tidak akan kalah dan tertinggal dari negara-negara lain.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...