Persetujuan PoD Blok Masela Mundur, Jadwal Produksi Bisa Terganggu

Image title
Oleh Verda Nano Setiawan - Febrina Ratna Iskana
28 Juni 2019, 21:51
blok masela, inpex corporation, presiden jokowi, skk migas, produksi migas
SKK Migas
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Presiden Direktur Inpex Indonesia Shunichiro Sugaya menandatangani Head of Agreement (HOA) Pengembangan Blok Masela disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko, dan CEO dan Presiden Direktur Inpex Corporation Takayuki Ueda di Jepang pada Minggu (16/6).

Penandatanganan revisi rencana pengembangan (PoD) Blok Masela mundur dari jadwal. Rencananya persetujuan PoD Blok Masela ditandatangani pada 27 Juni 2019 di Jepang dan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun hingga Jumat (28/6), tidak ada informasi terkait penandatangan persetujuan PoD Blok Masela. Dari informasi yang didapat Katadata, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang dijadwalkan pergi ke Jepang justru pergi ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Informasi mundurnya jadwal penandatanganan persetujuan PoD Blok Masela akhirnya didapat dari Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto. Dwi mengaku revisi PoD Blok Masela belum disetujui oleh pemerintah. "Belum,"ujarnya singkat ke Katadata pada Jumat (28/9) malam. 

Direktur Eksekutif Energi Watch Mamit Setiawan mengaku bingung dengan sikap Kementerian ESDM karena mundurnya jadwal persetujuan PoD Blok Masela. Apalagi pengembangan Blok Masela sudah tertunda cukup lama.

"Sebenarnya ada apa ini? Dengan sudah ditandatangani HoA kemarin, seharusnya revisi POD bisa segera disepakati. Padahal sudah jelas pengembangan Blok Masela ini sudah mundur jauh dari rencana awal," kata Mamit kepada Katadata.co.id Jumat (28/6).

(Baca: Kesepakatan Blok Masela Dapat Memicu Peningkatan Investasi Migas Asing)

Menurutnya, penandatanganan PoD Blok Masela jangan terus ditunda. Sebab, dikhawatirkan dapat mengganggu jadwal onstream blok tersebut. Apalagi persaingan pasar LNG dunia semakin ketat di tahun-tahun mendatang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...