Kejar Target Bauran Energi 23%, Kementerian ESDM Susun Peta Jalan

Image title
11 Juli 2019, 18:35
roadmap energi terbarukan, target bauran energi terbarukan
Katadata
Ilustrasi pemanfaatan energi panas bumi atau geothermal. Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini sedang menyusun peta jalan (roadmap) pengembangan energi terbarukan.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini sedang menyusun peta jalan (roadmap) pengembangan energi terbarukan. Peta jalan ini merupakan salah satu cara agar bisa mencapai target bauran energi 23% di tahun 2025, sesuai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Paris Agreement.

Isi dari peta jalan itu nantinya mencantumkan potensi energi terbarukan di setiap daerah, regulasinya seperti apa, teknologi apa saja yang akan digunakan, dan pendanaannya. "Kondisi sekarang kan masih banyak impor minyak, pengembangan energi terbarukan harus disegerakan," kata Kasubdit Pelayanan dan Pengawaan Usaha Aneka EBT Kementerian ESDM Abdi Dharma, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (11/7).

Ia menjelaskan pembuatan peta jalan ini berdasarkan permintaan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Diharapkan pengembangan energi terbarukan nantinya mampu mengurangi ketergantungan impor solar dan membangun pembangkit energi terbarukan.

(Baca: Upaya Pemerintah Kurangi Impor BBM dengan Biodiesel)

Kementerian menargetkan pembuatan peta jalan akan rampung pada bulan ini sehingga bisa segera diimplementasikan. Dalam penyusunannya peta jalan ini akan dibentuk tim dengan fokus pendekatan, yaitu teknologi, ekonomi (dana murah) dan kebijakan.

"Diharapkan nanti di dalam peta jalan ini kami bisa mengindentifikasi daftar proyek yang akan dibuat, kapan bisa beroperasi, dan sebagai prediksi kapan untuk mulai diproses," kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Harris, berdasarkan keterangan tertulis, pada Mei lalu.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...