Cara XL Axiata dan Telkomsel Antisipasi Pemadaman Listrik Bergilir

Desy Setyowati
5 Agustus 2019, 17:17
XL Axiata dan Telkomsel pemadaman listrik bergilir
KATADATA/
Ilustrasi. XL Axiata dan Telkomsel menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi pemadaman listrik bergilir.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerapkan pemadaman listrik bergilir pada hari ini (5/8). PT XL Axiata Tbk dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) pun mengantisipasi ketiadaan pasokan listrik di jaringan, untuk memastikan layanan komunikasi aman.

Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, perusahaannya menyiapkan tiga langkah untuk mengantisipasi pemadaman listrik bergilir. Pertama, memastikan baterai cadangan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi jaringan hingga empat jam.

Kedua, mobilisasi genset ke Base Transceiver Station (BTS) di semua wilayah terdampa. Ketiga, rekayasa pengaturan trafik. “Kami akan berusaha keras untuk menjaga kualitas jaringan di area-area yang mengalami pemadaman listrik,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (5/8).

(Baca: Layanan Komunikasi, Bank, KRL Lumpuh Lebih 6 Jam Akibat Listrik Mati)

Hal senada dilakukan oleh Telkomsel. Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan perusahaannya melakukan beberapa upaya pemulihan layanan untuk mengantisipasi pemadaman listrik bergilir.

Salah satunya, dengan menyiagakan perangkat pendukung seperti baterai dan mobile genset atau back up power di seluruh titik jaringan guna menstabilkan pasokan listrik ke seluruh alat produksi Telkomsel. “Ini terutama untuk mengantisipasi jika akan ada rencana pemadaman bergilir oleh PLN di sejumlah titik lokasi,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...