BI Sosialisasi Aplikasi QRIS di Wisata Transportasi Air Kalimantan

Image title
14 September 2019, 09:08
Sejumlah pedagang pasar terapung melintas di sungai Martapura saat Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di kawasan Tugu 0 Km Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (23/8/2019).Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 tersebut untuk melestarikan tradisi
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/nz.
Sejumlah pedagang pasar terapung melintas di sungai Martapura saat Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di kawasan Tugu 0 Km Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (23/8/2019).Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 tersebut untuk melestarikan tradisi budaya pasar terapung sekaligus menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan.

Bank Indonesia (BI) mensosialisasi penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS)  sarana transportasi sungai Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jum'at, (13/9). Penggunaan layanan QRIS ini diharapkan mendorong efisiensi transaksi dan mempercepat inklusi keuangan di daerah.

QRIS merupakan QR code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik 'server based', dompet elektronik, atau 'mobile banking' berstandar Indonesia.

Deputi Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, pengenalan QRIS di sarana transportasi sungai, salah satunya dilakukan di kapal klotok, kapal bermesin khas Kalimantan, yang sering digunakan masyarakat, baik untuk sarana transportasi sehari-hari maupun untuk wisata air. 

(Baca: Ubah Persepsi, BI Ingin Pesantren Kembangkan Ekonomi Digital)

Penggunaan QRIS ini nantinya diaplikasikan melalui elektronik Klotok (e-Klotok). "Pengguna kapal tinggal melakukan scan barcode saja," kata Rosmaya.

Selain di Kapal Klotok, BI juga memperkenalkan layanan QRIS untuk sistem pembayaran di Pasar Terapung Lok Baintan, Sungai Martapura, Kalsel. Layanan pembayaran QRIS ditargetkan menyasar para pedagang  dan pembeli hasil bumi seperti jeruk, ikan, dan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...