Pertagas Target Proyek Gresem Alirkan Gas ke Konsumen Pertengahan 2020

Image title
9 Desember 2019, 19:10
pembangunan proyek jaringan pipa Gresem atau Gresik-Semarang hampir rampung. Perusahaan pun menargetkan aliran gas dari proyek itu ke konsumen dapat dilakukan pada pertengahan 2020.
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi pipa gas milik Pertagas.

Presiden Direktur PT Pertamina Gas (Pertagas) Wiko Migantoro mengatakan, pembangunan proyek jaringan pipa Gresik-Semarang atau Gresem hampir rampung. Perusahaan pun menargetkan aliran gas dari proyek itu ke konsumen dapat dilakukan pada pertengahan 2020.

"Gresem sudah hampir selesai, selanjutnya kami akan sambungkan dengan pipa ke konsumen industri di Tambak Lorok dan Demak," kata Wiko kepada Katadata.co.id, Senin (9/12).

Meski begitu, Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan calon konsumen masih dalam tahap penyelesaian. Sebab, perusahaan masih menunggu pasokan gas. “Dari sisi hulu juga perlu inovasi, karena saat ini masih atas nama Pertamina," ujar Wiko.

(Baca: Alirkan Gas Tiung Biru, Pembangunan Pipa Gresik–Semarang Dipercepat)

Pipa Gresik-Semarang nantinya mengalirkan gas dari Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB). Proyek yang dikerjakan PT Pertamina EP Cepu tersebut baru dapat beroperasi pada 2021.

Maka dari itu, sembari menunggu proyek JTB beroperasi, Pertagas akan mencari sumber pasokan gas lain dari Jawa Timur. Di antaranya berasal dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) dan Kangean Energy Indonesia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...