Industri Incar Ekspor Alas Kaki Rp 71 Triliun Tahun Depan

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Ameidyo Daud

12/12/2019, 10.08 WIB

Aprisindo mengatakan ekspor alas kaki sepanjang Januari September 2019 turun 12,9%.

alas kaki, industri, ekspor
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktifitas pekerja Pabrik Sepatu dilokasi pabrik PT Adis Dimension Footwear di Balaraja Barat, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (5/10). Industri alas kaki menargetkan nilai ekspor di tahun 2020 meningkat hingga US$ 5,1 miliar atau setara Rp 71 triliun.

Industri alas kaki menargetkan nilai ekspor di tahun 2020 meningkat hingga US$ 5,1 miliar atau setara Rp 71 triliun. Target dipatok naik karena beberapa merek alas kaki besar dunia berencana menambah pembelian dari produsen Indonesia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri mengatakan angka target tersebut sebenarnya relatif sama dengan tahun 2018. Sasaran tahun depan ditingkatkan untuk memperbaiki potensi turunnya ekspor sepanjang tahun ini. 

Brand besar akan menambah buying source, kalau ekspor itu (industri) menengah dan besar,” kata Firman.

(Baca: Jokowi Minta Mendag & Menlu Tancap Gas Kejar Negosiasi Dagang)

Firman mengatakan ekspor alas kaki sepanjang Januari September 2019 turun 12,9%. Alasannya, pemerintah belum meneyelesaikan perjanjian dagang yang dilakukan pemerintah dengan beberapa negara. Sementara negara-negara lain seperti Vietnam telah menuntaskan perjanjian.

"Pemerintah sudah menegaskan tahun 2020 selesai dan 2021 sudah kesepakatan. Kami berharap bisa meyakinkan investor kembali ke Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menginginkan aturan pengamanan perdagangan (safeguard) juga diterapkan di industri ini. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan produk alas kaki dalam negeri bisa semakin bersaing dengan produk impor.

"Kami khawatir industri sepatu tidak bisa berkompetisi secara harga dengan produk-produk luar negeri," kata Agus di Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu.

(Baca: Tangkal Impor, Menperin Ingin Industri Alas Kaki Dikenakan Safeguard)

Ekspor alas kaki nasional 2018 masih tumbuh sebesar 4,13% menjadi US$ 5,11 miliar. Namun pada semester I 2019, angka ekspor alas kaki hanya US$  2,2 miliar atau turun 12,1% dari periode yang sama 2018.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan