Imbas Banjir, Ganjil Genap Tidak Berlaku Hari Ini

Penulis: Antara

Editor: Ameidyo Daud

2/1/2020, 07.01 WIB

Gubernur DKI Jakarta berpeluang memperpanjang tak adanya ganjil genap hingga Jumat (3/1) besok

banjir Jakarta, ganjil genap, polda metro
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Mobil dan bus Transjakarta terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). Polda Metro Jaya tiadakan ganjil genap hari Kamis (2/1) imbas banjir yang terjadi di sejumlah titik.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak memberlakukan kebijakan ganjil-genap pada hari Kamis (2/1). Ini lantaran sejumlah ruas jalan di Jakarta belum dapat dilalui imbas banjir yang terjadi sejak Rabu (1/1).

Dari unggahan foto akun twitter @TMCPoldaMetro terlihat beberapa ruas seperti Lapangan Ros, Jl. KH Abdullah Syafei  Tebet, Jl. Boulevard Barat Kelapa Gading, dan Jl. Jatinegara Barat Jakarta Timur masih tergenang banjir.

“Pembatasan kendaraan dengan cara ganjil genap TIDAK diberlakukan,” demikian cuit @TMCPoldaMetro hari Kamis (2/1).

(Baca: Curah Hujan Catat Rekor Tertinggi, 103 Titik Banjir Kepung Jakarta)

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kemungkinan tidak ada ganjil genap hingga hari Jumat (3/1). Ini jika perbaikan fasilitas umum yang rusak diterjang banjir telah diselesaikan Pemprov DKI.

“Hari Kamis tidak ada, tapi Jumat bisa jadi sudah ada kalau sudah kondusif,” kata Anies hari Rabu (1/1) malam.

Anies juga menyarankan masyarakat tidak membawa kendaraan pribadi karena lalu lintas karena masih banyak titik banjir di Ibu Kota. “Sampai seluruh kawasan bebas dari genangan sehingga tidak terjebak banjir,” katanya.

Pemerintah juga menggratiskan jalan tol dalam kota selama 18 jam hingga Kamis pukul 12.00 WIB. Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, penggratisan jalan tol dalam kota merupakan kompensasi kepada masyarakat atas banjir yang terjadi sejak malam tadi.

Adapun jalan tol yang akan digratiskan yakni ruas Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk dan ruas Cawang-Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga–Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

"Menggratiskan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat yang terkena banjir, namun ini kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan resmi.

(Baca: Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis hingga Besok Siang)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan