Saingi Gojek-Grab, Pesan Makanan Bisa Lewat Google, Instagram, Shopee

Desy Setyowati
13 Mei 2020, 15:15
Saingi Gojek-Grab, Pesan Makanan Bisa Lewat Google, Instagram & Shopee
Go-Jek
Ilustrasi, GoFood Festival

Pembelian makanan dan minuman secara online meningkat selama pandemi corona, karena aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Kini, memesan kuliner bukan hanya bisa melalui GoFood milik Gojek dan GrabFood kepunyaan GrabGoogleInstagramShopee hingga Tokopedia menyediakan layanan serupa.

Instagram merilis stiker ‘Dukung UKM’ untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pemilik akun bisnis bisa menggunakan stiker ini untuk berjualan. Nantinya, akan ada Instagram Stories bersama yang terhubung dengan unggahan yang memakai stiker ini.

Advertisement

Perusahaan di bawah naungan Facebook itu juga menambahkan tools Sumber Informasi Bisnis pada profil bisnis. “Kami berkomitmen untuk mendukung bisnis kecil selama masa sulit ini dan akan segera memberi tahu setiap info terkini yang ada,” kata Instagram melalui situs resminya, Senin (11/5) lalu.

Tak hanya itu, Instagram menyediakan stiker ‘Pesanan Makananan’ melalui Instagram Stories bersama. Layanan ini bukan menjadi pesaing Gojek dan Grab, tetapi justru mendukung.

(Baca: Imbas Pandemi Corona, Pesan Makanan Bisa Lewat Google Maps)

Ketika mengeklik stiker tersebut, Anda akan diberi pilihan mitra pengantaran yakni GoFood dan GrabFood. "Kami akan terus mengembangkan dan meluncurkan fitur serta inisiatif yang dapat menghubungkan UMKM dengan para pelanggan mereka. Ini untuk membantu mereka mempertahankan kelangsungan bisnis," ujar Vice Presiden of the Global Business Group APAC Instagram Karen Teo dalam siaran pers.

Sebelumnya, Google mengembangkan fitur baru pada Google Maps akibat pandemi virus corona. Layanan baru itu memungkinkan pengguna memesan makanan, lalu mengambilnya langsung ke restoran (take out) atau lewat jasa pengiriman (delivery).

Untuk menggunakan fitur baru tersebut, yang Anda perlu membuka aplikasi Google Maps di iPhone ataupun Android. Lalu, pada bagian atas layar, Anda akan melihat dua tombol default baru untuk takeout dan pengiriman.

(Baca: Transaksi GoFood Naik 10% saat Pandemi, Camilan Diminati)

Jika mengetuk ‘takeout’, Anda akan melihat restoran—yang sepengetahuan Google—menyediakan layanan pesan makanan dengan mengambilnya langsung di toko. Tentunya, menerapkan contactless guna meminimalkan kemungkinan penyebaran Covid-19.

Begitu juga ketika mengetuk ‘pengiriman’, Anda akan diarahkan pada restoran yang menyediakan layanan pesan-antar makanan.

Shopee juga merilis inisiatif Shopee Food, yang memuat beragam produk mulai dari makanan berat hingga jajanan dari berbagai restoran, serta UMKM. Selain itu, tersedia bahan masakan seperti sayuran, daging, dan makanan beku.

(Baca: Saingi Gojek & Grab, Pesan Makanan Kini Bisa Lewat Shopee & Tokopedia)

Perusahaan mengurasi lebih dari 500 mitra penjual makanan dan minuman siap saji. “Ke depan, kami akan memperbanyak mitra penjual dan memperluas cakupan ke luar Jakarta,” ujar Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana Noverdi kepada Katadata.co.id, akhir bulan lalu (27/4).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement