Cemas Wabah Covid-19, Tiongkok Setop Impor Daging Babi Brasil

Image title
Oleh Ekarina
6 Juli 2020, 12:36
Cemas Wabah Covid-19, Tiongkok Setop Impor Daging Babi Brasil.
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
Ilustrasi sentra peternakan babi. Tiongkok menyetop sementara impor daging babi Brasil seiring merebaknya covid-19.

Pemerintah Tiongkok menghentikan sementara impor daging babi dari dua pabrik asal Brasil. Penghentian ini dilakukan di tengah kekhawatiran maraknya wabah virus corona di Brasil.  

Dikutip dari Reuters, Tiongkok menyetop sementara impor dari pabrik BRF SA di Lajeado dan pabrik daging bermerek Seara milik JBS SA di Tres Passos, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil Selatan.

Administrasi Umum Bea Cukai China (GACC) hanya mengidentifikasi pabrik dengan nomor registrasi dan tidak memberikan alasan penangguhan. Tetapi, Brasil sedang terhuyung-huyung di tengah merebaknya wabah Covid-19. Kasus di negara itu bahkan tercatat sebagai nomor dua terbesar dunia di belakang Amerika Serikat (AS). 

(Baca: India Lockdown karena Covid-19, Bulog Tak Bisa Impor Daging Kerbau)

Berdasarkan situs Worldometers, kasus corona di seluuh dunia saat ini telah mencapai 11,5 juta. AS menempati urutan pertama jumlah kasus terbanyak dengan angka 2,98 juta kasus, diikuti Brasil dengan 1,6 juta kasus. 

Sementara itu, Tiongkok merupakan importir daging babi, daging sapi, dan ayam  terbesar  Brasil. Negara ini juga telah meminta agar eksportir daging global sepertiBRF, JBS dan perusahaan pengepakan daging Brasil lainnya menyatakan produknya terbebas dari virus corona. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...