Riset: Konsumen Indonesia Masih Gemar Belanja Offline
Riset yang digelar Populix menunjukkan, masyarakat Indonesia masih gemar berbelanja offline meski penjualan online meningkat pesat sejak Pandemi Covid-19. Penjualan offline tercatat meningkat dua kali lipat setelah status pandemi dicabut.
Head of Research Populix Indah Tanip menjelaskan, pandemi memang memicu lonjakan belanja online. Meski demikian, menurut dia, riset yang mereka lakukan menunjukkan bahwa belanja offline tetap menjadi pilihan yang melengkapi pengalaman belanja konsumen dan terus bertumbuh setelah pandemi.
"54% responden yang aktif berbelanja online dan offline memiliki belanja online selama pandemi berlangsung. Namun setelah pandemi berakhir, 49% masih melakukan belanja online," ujar Indah, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (20/4).
Ia mengatakan,persentase aktivitas belanja online memang mengalami sedikit penurunan setelah pandemi. Sementara itu, konsumen yang memilih aktivitas belanja offline setelah masa pandemi berakhir melonjak 2 kali lipat.
"Hal ini menunjukkan bahwa meskipun tren belanja online cukup populer, konsumen Indonesia juga masih tetap gemar berbelanja offline," kata dia.