Inalum Tunda Enam Proyek BUMN Pertambangan Karena Pandemi Corona

Image title
30 Juni 2020, 19:44
bumn, pertambangan, inalum, pandemi corona, virus corona, covid-19
PT Antam Tbk
Ilustrasi, peleburan nikel di pabrik PT Antam Tbk. Inalum harus menunda enam proyek BUMN pertambangan karena pandemi corona.

PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum terpaksa menunda enam proyek BUMN pertambangan. Itu lantaran mobilitas peralatan terhambat akibat pandemi corona.

Direktur Utama Inalum Orias Petrus Moedak mengatakan pembangunan proyek besar yang dikerjakan holding BUMN pertambangan, MIND ID, tidak mungkin dilanjutkan dalam kondisi pandemi. "Proyek-proyek besar terdampak dengan sendirinya," ujar Orias dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII, Selasa (30/6).

Berdasarkan paparan dari Orias, enam proyek tersebut diantaranya fasilitas pengolahan dan pemurnian smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah dengan nilai investasi sebesar US$ 841 juta serta berkapasitas 1.000 Ktpa alumunia. Adapun proses pembangunan proyek tersebut telah memasuki tahapan early work (pematangan lahan) dan penyelesaian engineering design.

Selain itu, ada proyek pengembangan tungku reduksi smelter dan refinery alumina. Adapun, proyek itu membutuhkan nilai investasi sebesar US$ 107,7 juta dengan penambahan kapasitas produksi hingga 30 Ktpa aluminium.

"Ini 24 bulan masa konstruksi. Kami masih menunggu persiapan dari Tiongkok dan Timur Tengah. Mereka juga terdampak Covid-19," ujarnya.

(Baca: Berencana Efisiensi, Inalum Belum Pertimbangkan PHK Karyawan)

Berikutnya, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Proyek ini berkapasitas 2 x 621,72 MW dengan investasi mencapai US$ 1,68 miliar.

Adapun proyek itu dikerjakan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang bermitra dengan China Huadian Corporation. "Mitra Tiongkok kami itu mengalami penundaan, ada pergeseran EPC. Kalau sudah terbuka pergerakan dari Tiongkok  bisa segera melanjutkan proyek itu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...