SKK Migas Tagih Proposal Pertamina Soal Alih Kelola Blok Masela

Muhamad Fajar Riyandanu
27 April 2023, 15:30
blok masela, pertamina, skk migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

SKK Migas masih menunggu pengajuan proposal dari Pertamina ihwal proses alih kelola 35% saham Blok Masela dari Shell yang sejatinya ditarget selesai paling lambat pada pekan ketiga April ini.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi Suryodipuro, menyampaikan bahwa pihaknya masih terus berdikusi dengan Pertamina dan Shell untuk mempercepat proses divestasi aset ladang gas tersebut.

"Sampai saat ini kami masih menunggu proposal terkait divestasi hak partisipasi Shell di Blok Masela," kata Hudi kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat WhatsApp pada Kamis (27/4).

Selain terus berkomunikasi dengan Pertamina, SKK Migas juga aktif menjalin kontak dengan perusahaan Migas asal Malaysia, Petronas, untuk mengakuisisi 35% saham yang dilepas oleh Shell pada pengelolaan lapangan gas yang memiliki cadangan gas sebesar 4 triliun kaki kubik (TCF) tersebut.

"Saat ini masih dalam diskusi Business to Business, termasuk juga masalah pembentukan konsorsium Pertamina dan Petronas," ujar Hudi.

Sementara itu, Subholding Upstream Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE), mengaku aktif mengkaji seluruh kesempatan yang ada untuk meningkatkan produksi dan sumber daya migas nasional. Termasuk pengembangan Blok Masela.

Sekretaris Perusahaan PHE, Arya Dwi Paramita, mengatakan langkah tersebut merupakan cara untuk menjaga ketahanan energi nasional."Kami mengkaji seluruh kesempatan yang ada dan tentunya menghormati proses yang ada, termasuk pengembangan Blok Masela," kata Arya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...