Pertamina Bangun Dua Kilang Hijau, Kerek Produksi BBM Ramah Lingkungan

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Juli 2023, 18:08
kilang cilacap, kilang pertamina, bbm, bbn, bahan bakar hijau, green fuel
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Kilang Cilacap.

PT Kilang Pertamina Internasional berkomitmen untuk mengembangkan kilang-kilang yang beroperasi saat ini menjadi kilang hijau atau green refinery untuk menghasilkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Dua kilang hijau Pertamina yaitu di Kilang Cilacap, Jawa Tengah dan Kilang Plaju, Sumatera Selatan.

Kilang hijau atau green refinery inisiatif strategis dalam mencapai target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) nasional tahun 2025 untuk dapat menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan bahan baku terbarukan (renewable Feedstock).

Pertamina menargetkan peningkatan produksi pada sejumlah bahan bakar nabati seperti Pertamina Renewable Diesel dari minyak sayur atau hydrotreated vegetable oil (HVO), Bioavtur, dan BioNaphta yang ditargetkan rampung paling lambat pada 2027.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Taufik Aditiyawarman, mengatakan ekspansi volume produksi bahan bakar nabati perseroan mengacu pada Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), dimana kebutuhan BBM diperkirakan terus meningkat hingga 2040.

Di dalam REUN, peta jalan pengembangan kilang Pertamina mengacu pada penambahan kapasitas pengolahan dari 1,05 juta barel per hari (bph) menjadi 1,4 juta bph. Selanjutnya, produksi BBM dari 700.000 bph menjadi 1,2 juta bph.

Lebih lanjut, peningkatan produksi juga menyasar pada komoditas Petrokimia dari 1,6 juta ton per tahun menjadi 7,4 juta ton per tahun. Peningkatan produksi bahan bakar domestik bertujuan untuk menurunkan impor produk gasoline (bensin) menjadi 25%.

Adapun impor gasoline saat ini masih tertahan di kisaran 60%. Lewat peta jalan pembaharuan kilang, Pertamina juga menyiapkan strategi produksi BBM ramah lingkungan setara EURO V serta peningkatkan Nelson Complexity Index (NCI) atau kompleksitas kilang untuk nilai produk.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...