Luhut Sebut Hilirisasi Timah Perlu Dilakukan Demi Cegah Penyelundupan

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2023, 19:49
luhut, timah, tembaga
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) berbincang dengan Menko Perekonmian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia saat acara pembukaan ASEAN Business Investment Summit (ABIS) 2023 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/9/2023). ABIS 2023 mengangkat tema ASEAN Centralilty: Inovating Toward Greater Inclusivity.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sinyal pemerintah akan mengambil kebijakan hilirisasi timah dan tembaga. Salah satu alasan hilirisasi timah perlu dilakukan adalah untuk mencegah penyelundupan.

"Diharapkan bisa mengurangi penyelundupan dan di saat bersamaan ada hilirisasi," kata Luhut dalam Bloomberg CEO Forum at Asean di Jakarta, Rabu (6/9).

Sedangkan hilirisasi tembaga perlu segera dilakukan mengingat potensinya yang besar. Luhut mengatakan pemerintah bisa mendapatkan pemasukan US$ 4 hingga US$ 5 miliar dari pengolahan tembaga.

"Selain itu sudah ada smelter di Gresik," katanya.

Tak hanya itu, Luhut juga membuka kebijakan hilirisasi akan berlaku untuk komoditas lain seperti gas hingga rumput laut.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...