Jokowi Desak Pelaku Usaha Tambang Bangun Pusat Persemaian Bibit

Muhamad Fajar Riyandanu
18 September 2023, 19:42
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan para pelaku usaha pertambangan mineral dan batu bara untuk membangun pusat persemaian bibit pohon.

Jokowi juga mendesak perusahaan tambang untuk memperbaiki lahan galian sebelum meninggalkan lokasi tambang saat masa operasi berakhir.

“Setiap perusahaan tambang harus memiliki  pusat persemaian, sehingga habis nambang langsung ditanam,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada pada Festival LIKE di Indonesia Arena GBK, Jakarta pada Senin (18/9).

Jokowi mengatakan pemerintah telah mengawali pembangunan pusat persemaian bibit pohon dengan kapasitas produksi 15 juta bibit per tahun di Mentawir, Kalimantan Timur.

Pemerintah juga membangun pusat persemaian Suwung dengan kapasitas produksi 6 juta bibit tanaman per tahun di Denpasar, Bali. “Di IKN itu sebelum dibangun, persemaiannya sudah dibangun lebih dulu,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga membangun pusat persemaian modern di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor pada Juni tahun lalu. Pembangunan persemaian di Bogor bertujuan untuk memasok bibit pohon di kawasan Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...