SKK Migas Paparkan Alasan RI Harus Hilirisasi Migas

Muhamad Fajar Riyandanu
21 September 2023, 13:42
migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menjamin ketersedian pasokan migas untuk proyek hilirisasi migas hingga 2040 mendatang.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto meyakini hilirisasi migas di dalam negeri akan berjalan lancar karena didukung oleh kondisi pasar yang menguntungkan dari adanya industri maupun konsumen akhir.

Dwi menjelaskan proyek hilirisasi migas dapat memberikan efek berlapis dari pelaku usaha hulu migas, industri pengolahan, hingga pengguna akhir. Menurut Dwi, kondisi pasar yang potensial itu diyakini menjadi sinyal bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKSS) untuk memperbesar jatah alokasi produksi migas untuk dalam negeri.

“Kami melihat hilirisasi migas di Indonesia punya peluang bagus karena sebagai negara dengan penduduk besar harusnya itu mempunyai kekuatan pasar. Oleh karena itu, para perusahaan hulu migas akan melihat sesuatu yang positif dari sisi pasar,” kata Dwi saat ditemui di sela-sela forum the 4 th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry (ICIUOG) 2023 di Nusa Dua, Bali pada Kamis (21/9).

Pemerintah berencana menggarap proyek hilirisasi migas secara lebih serius, dengan proyeksi kebutuhan pendanaan mencapai US$ 68,1 miliar atau setara Rp 1.021 triliun sampai tahun 2040.

Rencana tersebut diharapkan mengulang klaim keberhasilan hilirisasi komoditas tambang bijih nikel sebagai pionir pengembangan ekosistem kendaraan listrik nasional.

Dwi menilai proyek hilirisasi migas menjadi peluang bagi pelaku usaha sektor hulu untuk mengoptimalkan monetisasi lewat pemenuhan pasokan migas domestik. “Nanti soal masalah pricing itu masalah keekonomian saja, gak ada masalah,” ujar Dwi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...