Penggunaan Pertalite akan Dibatasi Ketat, Tiga Menteri Godok Aturan

Muhamad Fajar Riyandanu
22 September 2023, 17:17
Pertalite
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/foc.
Petugas melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Kota Bnegkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (31/3/2023).

Tiga menteri bidang ekonomi kembali membahas serius kebijakan pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM) Pertalite, seiring dengan kenaikan harga minyak dunia.

Ketiga menteri yang berfokus melakukan pembahasan antara lain, Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

Arifin Tasrif mengatakan diskusi yang dilakukan termasuk membahas dampak harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah terhadap nilai keekonomian Pertalite, Solar dan liquefied petroleum gas (LPG).

"Kami mau bahas lagi, mau kami angkat lagi dengan Bu Menteri Keuangan dan Pak Menteri BUMN. Kami bahas, dimatangkan dan akan dilaporkan ke presiden," kata Arifin di sela-sela forum the 4 th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry (ICIUOG) 2023 di Nusa Dua, Bali pada Jumat (22/9).

Pembahasan mengenai seleksi konsumen Pertalite menjadi poin utama dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang telah mengudara sejak pertengahan tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...