Bos Freeport Klaim Berhasil Kurangi Emisi Karbon 23% Tahun Ini

Nadya Zahira
26 September 2023, 18:41
freeport, bursa karbon, harga karbon, perdagangan karbon
Katadata
Presdir PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan Predir PT Vale Indonesia menjadi pembicara dalam sebuah sesi di acara SAFE 2023 yang diadakan oleh Katadata.

PT Freeport Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon guna mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat. Direktur Utama Freeport Tony Wenas mengatakan, perusahaannya saat ini berhasil mengurangi emisi karbon sebesar 23%.

“Sampai hari ini sudah tercapai 23% kira-kira. Jadi yang sekarang kami lakukan adalah menargetkan 30% pada tahun 2030,” ujarnya saat di sela acara Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Tony mengatakan upaya untuk mencapai pengurangan emisi 30% itu ditempuh dengan melakukan sejumlah upaya seperti menggunakan kereta listrik sebagai alat transportasi untuk mengangkut bijih mineral sebanyak 110 ribu ton per harinya.

Tak hanya itu, dia mengatakan pihaknya juga telah melakukan penanaman kembali untuk mendukung lingkungan dan memperhatikan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Ini yang membuat pengurangan emisi karbon kami sudah mencapai 23%. Kami juga berencana untuk menghentikan penggunaan PLTU batu bara dan menggantinya dengan energi yang jauh lebih bersih yaitu Liquid Natural Gas (LNG),” kata dia.

Tony mengatakan bahwa upaya tersebut seharusnya bisa lebih menurunkan lagi emisi karbon, dan juga diharapkan target pengurangan emisi pada 2030 bisa lebih besar dari 30%. Di sisi lain, Tony juga menyebutkan tantangan utama yang dirasakan dalam dekarbonisasi.

“Salah satu tantangannya yaitu, tantangan alam seperti topografi yang terjal dan curah hujan yang tinggi di Papua,” kata dia.

Pemerintah Berkomitmen Turunkan Emisi Karbon

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia telah memperbarui janjinya dalam mengurangi emisi karbon. Hal ini tercatat dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terbaru, yang kini dinamai Enhanced NDC dan sudah didaftarkan ke UNFCCC pada September 2022.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...