Kementerian ESDM Cari Mitra Baru Pengganti Rosneft di Kilang Tuban

Mela Syaharani
16 Oktober 2023, 16:42
kilang tuban, rosneft, pertamina, esdm
ANTARA FOTO/Moch Asim
Suasana kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Perusahaan migas asal Rusia Rosneft yang berperan sebagai investor dalam proyek New Grass Root Refinery Kilang Tuban, Jawa Timur mengalami masalah pendanaan sebab terkena sanksi dari Uni Eropa atas perang di Ukraina.

Kondisi tersebut berdampak kepada suntikan investasi Rosneft yang tak optimal. Untuk menghindari tertundanya proyek Kilang Tuban, pemerintah meminta PT Pertamina untuk segera mencari mitra pengganti Rosneft untuk mempercepat pembangunan kilang Tuban.

Menanggapi hal ini, Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan bahwa penggantian Rosneft bukanlah ranah Pertamina. “Pertamina nggak dalam posisi itu, bisnis aja yang dikerjakan EPC, FID, tetap jalan,” kata Tutuka saat ditemui Katadata.co.id pada Senin (16/10).

Dia menjelaskan, hingga saat ini pihak Rusia masih ada di proyek Kilang Tuban. Terkait penggantian atau penambahan mitra di Kilang Tuban ini sekali lagi Tutuka menekankan bahwa hal tersebut bukanlah ranah Pertamina.

“Itu di luar kapasitas Pertamina juga tapi yang ada saat ini adalah melaksanakan apa yang bisa dilakukan secepat mungkin,” kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana buka suara soal pengganti Rosneft di proyek Kilang Tuban. Dadan menyatakan bahwa pemerintah ingin agar proyek kilang yang masuk Proyek Strategis Nasional tersebut bisa berjalan lancar.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...