Pertamina-Chevron Bekerja Sama Wujudkan Komitmen Pemanfaatan Karbon

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
14 November 2023, 14:05
Pertamina dan Chevron sepakat untuk saling berbagi informasi wilayah-wilayah dan potensi pengembangan CCS/CCUS.
Pertamina
Pertamina dan Chevron sepakat untuk saling berbagi informasi wilayah-wilayah dan potensi pengembangan CCS/CCUS.

PT Pertamina (Persero) dan Chevron bekerja sama di dalam bidang dekarbonisasi untuk pengembangan Carbon Capture Storage atau Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS). Hal ini menjadi bentuk komitmen keduanya dalam pemanfaatan karbon.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan melakukan Joint Study Agreement (JSA) untuk mengkaji kelayakan CCS/CCUS di Kalimantan Timur, Indonesia. Pertamina dan Chevron sepakat untuk saling berbagi informasi wilayah-wilayah dan potensi pengembangan CCS/CCUS.

Informasi yang dimaksud meliputi data geologi, geofisika, peta-peta, model-model dan interpretasi, catatan-catatan, ringkasan, dan informasi komersial.

Kesepakatan Pertamina dan Chevron diturunkan dalam bentuk penandatanganan tiga Confidentiality Agreement Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS). Kesepakatan ini berlaku di antara anak usaha sektor hulu Pertamina, yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga, dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur dengan Chevron Energy International Pte. Ltd.

Perjanjian tersebut sebetulnya tindak lanjut dari JSA antara PT Pertamina (Persero) dengan Chevron Energy International Pte. Ltd yang berlangsung sejak 6 Maret 2023. Bahkan, penjajakan dan kolaborasi kedua pihak dimulai sejak 2022.

Penandatanganan pada 13 November 2023 dilakukan John Anis selaku Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga, dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Sementara dari pihak Chevron adalah Jason Ashurst selaku Authorized Representative Chevron New Energies. Ada pula, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra.

Momen penandatanganan turut disaksikan Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina, Jodi Mahardi selaku Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Wahyu Budiarto selaku Country Manager Chevron Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...