Kilang Pertamina Terapkan 3 Strategi Untuk Kurangi Emisi Karbon

Happy Fajrian
14 November 2023, 18:03
kilang pertamina internasional, emisi karbon
PT Kilang Pertamina Internasional
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memproduksi bahan bakar dengan komponen nabati adalah Bioavtur – Pertamina Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Green Refinery Kilang Cilacap.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menjelaskan strategi dalam mengurangi tingkat emisi karbon pada sektor industri pengolahan sumber daya alam minyak bumi.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Adityawarman mengungkapkan ada 3 strategi yang dilakukan perusahaan untuk menekan emisi karbon.

Strategi pertama adalah dari sisi teknologi yaitu menciptakan efisiensi energi pada operasional kilang minyak milik KPI. Taufik menjelaskan sebanyak enam kilang minyak milik KPI memiliki usia yang bervariasi bahkan ada yang didirikan pada masa kolonial Belanda.

“Sehingga dalam perjalanannya melalui proses peremajaan, rejuvenasi, dan revamping menggunakan teknologi yang menghasilkan efisiensi energi dengan lebih baik,” ujarnya, Selasa (14/11).

KPI juga melakukan inisiatif dalam melakukan efisiensi energi dalam operasionalnya dengan cara meminimalisir emisi gas buang melalui Flare Gas Recovery System, memanfaatkan sumber energi eksternal seperti penerapan gasifikasi dan elektrifikasi, dan mengoptimalkan parameter pemrosesan dalam kilang untuk menekan emisi karbon.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...