SKK Migas Akui Target Produksi Minyak 1 Juta Barel 2030 Sangat Berat

Mela Syaharani
23 November 2023, 17:49
produksi minyak, skk migas, produksi migas, 1 juta barel
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

Pemerintah menargetkan produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada 2030. SKK Migas mengakui target tersebut sangat menantang dan berat lantaran sebagian besar lapangan migas yang sudah mature sehingga produksinya turun secara alamiah.

“Target satu juta bph cukup atau sangat-sangat menantang dan berat. Karena secara aset mungkin 80-90% lapangan kita sudah mature, tekanan berkurang dan lain sebagainya,” kata Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf dalam acara Forum Kapasitas Nasional 2023 pada Kamis (23/11).

Kendati demikian, Nanang menyebut pemerintah masih terus berusaha meningkatkan recovery factor. Selain itu Nanang menjelaskan pemaksimalan produksi migas juga dilakukan melalui cara-cara lain, seperti menggunakan metode Enhanced oil recovery (EOR), chemical, bakteri, injeksi CO2 atau dengan steam flood.

“Kita paling tidak harus mendekati angka tersebut, kalau enggak devisa kita nanti buat impor,” ujarnya. “Jika produksi tidak dapat mendekati target maka akan semakin besar kekurangan yang harus ditutupi. Kalau kita hanya mengandalkan produksi saat ini tidak ada upaya-upaya lagi, kemungkinan harus impor”.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...