OPEC Jajaki Pemangkasan Produksi Lebih Besar demi Kerek Harga Minyak

Happy Fajrian
30 November 2023, 11:48
opec, produksi minyak, harga minyak
Katadata

Kartel minyak dunia, OPEC, dilaporkan mempertimbangkan untuk melakukan pengurangan produksi lebih besar dari yang berlaku saat ini untuk menopang harga minyak. Ini akan menjadi fokus pertemuan para menteri OPEC hari ini, Kamis (30/11).

Negara-negara anggota OPEC bersama para sekutunya, termasuk Rusia, atau lebih dikenal dengan OPEC+, memproduksi minyak sekitar 43 juta barel per hari (bph), lebih dari 40% pasokan global. Mereka telah mengurangi pasokan sekitar 5 juta bph, atau sekitar 5% dari permintaan global.

Sumber OPEC+ mengatakan bahwa grup ini tengah mempertimbangkan pengurangan pasokan lebih besar lagi mulai kuartal pertama 2024. Namun tidak diketahui berapa lama pengurangan pasokan itu akan dilakukan.

Sumber lainnya mengatakan OPEC+ mungkin tidak akan mampu meraih kesepakatan ini dan mungkin hanya akan melanjutkan kebijakan yang telah berjalan.

The Wall Street Journal (WSJ) dan The Financial Times melaporkan bahwa pengurangan pasokan terbaru bisa mencapai 1 juta bph. Namun negara-negara anggota OPEC yang berasal dari Afrika menolak kuota produksi yang ditetapkan untuk mereka.

Hal ini lantaran Uni Eropa diizinkan untuk meningkatkan produksi pada 2024. Hal ini merupakan salah satu kesepakatan yang dicapai pada pertemuan menteri OPEC sebelumnya pada Juni 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...