SKK Migas Targetkan Ekspor LNG Capai 170 Kargo di 2024

Mela Syaharani
15 Januari 2024, 09:46
SKK Migas
bp
Tangguh LNG
Button AI Summarize

SKK Migas memperkirakan jumlah ekspor gas alam cair (LNG) pada 2024 mencapai 167 hingga 170 kargo. Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas Kurnia Chairi mengatakan, jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Memang ada peningkatan produksi kargo LNG yang berasal Tangguh Train 3, hingga saat ini yang sudah terkontrak berkisar 167-170 kargo,” kata Kurnia saat konferensi pers di Jakarta pada Jumat (12/1).

Dengan mulai beroperasinya LNG Tangguh Train 3 tersebut, maka akan menambah jumlah produksi kargo LNG secara keseluruhan pada tahun ini. “Untuk 2024, produksi tambahan sebanyak 40 kargo dari Tangguh, sehingga total produksi mencapai 250 kargo tahun ini,” ujarnya.

Kurnia menyampaikan, komersialisasi LNG juga menyokong penerimaan revenue migas pada 2023 melalui realisasi spot 35-36 kargo LNG pada tahun lalu.  Jumlah  ini tidak hanya berasal dari Tangguh Train 3 saja, tetapi juga dari Kalimantan. 

“Ada peningkatan produksi LNG Bontang oleh ENI, dan Tangguh Train 3. Mengalami kenaikan cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Tangguh Train 3 Diresmikan Jokowi

Sebagai informasi, Tangguh Train 3 merupakan proyek yang terletak di Teluk Bintuni, Papua Barat. Proyek ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada November lalu. Jokowi menyebut, proyek LNG tersebut merupakan penghasil LNG terbesar di Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...